Terbitkan Digital di Penerbit Mori

Ah, tiba saatnya. Ada proyek baru yang ingin saya buat untuk kamu bagi para penulis.

Sebelumnya, kenapa sih menerbitkan secara digital?

Pertama, banyak penulis yang sebenarnya, saya tahu dan pahami, karyanya luar biasa. Jujur saya membacanya di Wattpad atau di Storial. Sayangnya, saya membacanya online dan tanpa buku fisik mereka. Lalu, adakah karya digital mereka? Sayangnya juga tidak ada kan? Sepertinya memang pintu satu-satunya untuk memunculkan karya secara online melalui media itu saja. Forum, website dan blog. Padahal kindle dan google play book juga bisa jadi jalan solusinya.

Kedua, mungkin bukan karena para penulis online itu tidak mau menerbitkan karyanya menjadi buku. Tapi nyatanya memang sulit. Persaingan terletak bukan hanya saat kita menunggu naskah di penerbit. Tapi juga buku kita yang bertarung di rak-rak meja toko buku Gramedia. Sehingga, penerbit pun juga harus mampu melihatnya dari sisi bisnis. Walau karyanya bagus, menarik bahkan luar biasa itu tidak lagi tren, tidak mampu menjadi minat para pembaca, ya mereka juga telah mengorbankan bisnis mereka. Contohnya, karyamu ternyata bagus sekali. Mendapatkan rating atau nilai 4,5 di Goodreads. Sayangnya bukumu itu menurut data penerbit tidak sampai 1000 penjualan. Lalu sisanya mau dikemanakan? Karena di gudang penerbit pun akan menjadi beban biaya nantinya.

Ketiga, bebas dengan literasi mereka. Kenapa kita baru menemukan karya menarik di Storial atau Wattpad. Seperti kalau kamu ke toko buku, fiksinya cuma itu-itu saja yang populer. Padahal banyak tema atau genre yang juga populer di baca online. Seperti tidak untuk diterbitkan dalam bentuk buku tapi ya dibaca online. Padahal kan risetnya juga tidak sebentar. Seperti dunia fantasi juga tidak semata-mata nulis khayalan. Tetap ada latar belakang, mencari banyak bacaan, untuk menguatkan sisi fantasinya.

Untuk itu, ketiga alasan utama itulah yang membuat saya mencoba menjadi salah satu dari jajaran penerbit digital untuk kamu yang ingin menerbitkan karyamu secara digital.

Apa Saja Syaratnya?

  1. Fiksi ya, novel, mini novel, kumpulan cerpen.
  2. Ukuran Ms. Word A5. (Bukan A4 ya)
  3. Ukuran spasi 1,5.
  4. Font Times News Roman untuk badan cerita, font judul bebas asal bisa terbaca.
  5. Ukuran font 12 untuk badan cerita, font judul maksimal 18.
  6. Margin standar.
  7. Naskah utuh berbentuk PDF bersama dengan covernya di halaman pertama.
  8. Lengkapi naskah denganĀ Sinopsis, Profil Penulis, dan Blurb (singkat cerita untuk menarik perhatian pembaca yang biasa di cover belakang novel)
  9. Minimal 30 halaman
  10. Cantumkan temanya
  11. Cover ukuran 1410 pixel X 2250 pixel.
  12. Cantumkan harganya
  13. Cantumkan rekening Bank untuk pembayaran.

Terus temanya apa yang diterbitkan?

Untuk penerbit Mori sendiri, ya, nama yang admin ambil terinspirasi dari penerbit Haru tentunya, maka temanya utamanya adalah cinta atau romance.

Tapi, tentu, boleh menggabungkan beberapa tema sekaligus seperti, tema romance-fantasi. Seperti novel Halo dan Twilight. Romance-horor, romance-thriller, romance-school, romance-young adult, romance-science fiction, romance-history, apa pun yang penting tema utamanya tetap romance.

Bagaimana kalau kamu nulisnya jatuhnya bukan romance? Admin akan tetap mengkategorikannya pada bagian romance di Google Play Book. Jadi, kalau pembaca kamu kecewa karena kategorinya salah, itu adalah tanggung jawabmu sendiri.

Baca Ulang dan Teliti

Ini adalah informasi yang penting sehingga baca berulang-ulang sampai mengerti. Jadi jangan sampai sudah kirim ternyata salah.

  • Tidak menerima naskah setengah jadi atau per bagian saja. Tentukan kalau itu kumpulan cerpen dan cerita menggantung ya sudah, kalau mau diperpanjang ya buatlah novel. Tentukan sebelum dikirimkan.
  • Tidak menerima naskah saduran, terjemahan atau plagiat. Semua original karyamu sendiri.
  • Tidak menerima naskah tanpa cover. Cara buat cover sudah sering dibahas di Youtube, silahkan dicari. Bisa pakai canva, bisa pakai pixlr, photoshop, coreldraw, dan lainnya.
  • Tidak menyinggung, mengandung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Ingat, admin tidak mengeceknya satu-satu. Jadi semua sekali lagi ditanggung penulis kalau ada komplain atau gugatan.
  • Tidak menerima revisi. Jadi, status naskah kamu berupa PDF final. Proofreading, editing, silahkan lakukan sendiri.
  • Admin tidak menerima jasa pembuatan cover.
  • Hanya berbentuk digital di Google Play Book. Tidak ada buku fisiknya. Tentu tidak ada juga ISBN.
  • Tidak menerima karya yang sudah di upload di penerbit digital lain. Kalau memang mau, silahkan dihapus dulu ya di penerbit lain. Bisa dicabut hak terbitnya kok, karena google akan menganggapnya duplikasi.
  • Tidak ada kontrak. Jadi kalau merasa karyamu memang tidak ada penjualan, bisa minta dihapus. Tentu kalau karyamu diminta sama penerbit besar, juga bisa dihapus. Bebas, asalkan komunikasi dulu.

Adakah Royaltinya?

Tentu ada bagi kamu yang memang mengajukannya dengan harga tertentu. Perhitungannya bagaimana?

Paham ya? Kalau tidak paham, bisa ditanyakan di kolom komentar.

Bagaimana Menentukan Harganya?

Mungkin kamu bingung sebagai penulis pemula. Biasanya menganggap tinggi karyamu lalu menjualnya dengan harga tinggi. Jadinya malah tidak laku. Oke, ini beberapa hal yang bisa saya berikan untukmu sebagai panduan.

  • Tidak ada bentuk fisiknya, jadi pertimbangkan pembaca tidak pernah mendapatkan bukunya. Untuk itu, harga sebisa mungkin bisa ditekan.
  • Biasanya kumpulan cerpen akan dihargai Rp 5.000 – 10.000. (30 halaman – 50 halaman kertas A5)
  • Biasanya mini novel akan dihargai Rp 10.000 – 20.000 (30 halaman – 80 halaman kertas A5).
  • Biasanya novel umum dihargai, Rp 20.000 – 30.000 (80 halaman – 150 halaman kertas A5)
  • Biasanya novel panjang dihargai Rp 30.000-50.000 (lebih dari 150 halaman kertas A5)

Perhitungan diatas adalah karena pembaca tidak akan mendapatkan buku digitalnya sama sekali. Ini berlaku untuk kamu yang menulis novel sudah riset panjang juga ya. Kenapa? Karena admin sendiri sudah ngecek kalau persaingan di google play book juga berat. Tapi bukan berarti tidak bisa menjual yang mahal.

Kalau kamu penulis sudah punya nama di Storial atau Wattpad, kamu bisa menjualnya dari panduan diatas. Atau mungkin kamu adalah youtuber, selebgram, influencer twitter yang yakin harga buku fiksi digitalmu akan banyak yang beli, silahkan dijual dengan harga yang mahal.

Masih Ragu? Tanyakan di Kolom Komentar.

Tanya dulu gak papa. Siapa tahu memang masih ragu. Atau, kamu punya naskah yang nganggur, ya, dari pada nganggur, persiapkan untuk diterbitkan secara digital saja. Nah, mari menjadi penulis.

Mau tanya di sosmed? Langsung ke instagramnya penerbit Mori aja ya, di : penerbit.mori.

Untuk mengirimkan naskah, bisa langsung ke alamat email : nasihatayah@gmail.com

Dengan format subject: Nama | Judul Naskah | Google PB

Badan email silahkan di isi : Saya ingin mengajukan naskah untuk google play book.

Attachment di isi :

  • Data buku seperti sinopsis, genre, harga, blurb, yang berbentuk ms. word terpisah dari naskah utama
  • Naskah utama yang terdiri dari cover di halaman pertama, prakata selanjutnya (boleh ada boleh tidak), daftar isi, isi cerita, epilog (berupa akhir kata, pesan untuk pembaca, boleh ada boleh tidak), biodata penulis.

Share Ke Teman-temanmu Ya...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.