Tanya Jawab Bebas Seputar Menulis Fiksi Di Kolom Komentar

Selamat datang, terutama teman-teman yang datang dari channel telegram milik saya.

Beberapa waktu saya sempat kepikiran, untuk bisa mewadahi tanya jawab seputar dunia tulis menulis ini. Hanya saja, saya juga bingung harus bagaimana. Ada beberapa opsi semisal membuat grup WA atau grup telegram. Tapi cenderung akan menjadi SPAM atau keluar dari topiknya dan tidak bisa saya kontrol. Sedangkan saya yakin, beberapa teman-teman di telegram yang sudah mendapatkan gratis ebook cara menulis cerpen juga ada yang pengen banget segera praktek, ngirim kepenerbit, jadiin buku atau ebook dan dijual ke teman-teman atau orang banyak.

Nah, di blog ini, teman-teman bisa bertanya apa pun yang berkaitan dengan dunia tulis menulis dan penerbitan. Tentu kalau saya tidak tahu akan saya cari dulu sumber yang tepat dan cocok. Sehingga nantinya, teman-teman tidak perlu bingung mencari berbagai jawaban seputar dunia tulis menulis. Cukup kembali lagi ke artikel ini.

Blog ini juga sudah saya desain sebisa mungkin cocok untuk dibaca di hape atau laptop. Fokus pada materi-materi dunia penulisan yang ingin saya bagi. Tujuannya agar semakin banyak karya-karya berkualitas yang berasal dari Indonesia. Jadi tidak melulu dari itu-itu saja penulisnya. Bahkan harapan saya, salah satu dari kita, karyanya bisa menembus dunia internasional. Ya, siapa tahu kan? Kita harus positif. Nah, silahkan, tanya jawab bisa di kolom komentar.

Note:

  1. untuk kolom website tidak usah diisi tidak masalah bagi yang tidak punya web atau blog. Atau mau diisi dengan link akun instagram, twitter dan facebook juga boleh.
  2. untuk komentar yang melenceng terlalu jauh atau tidak menanyakan sesuatu, akan otomatis direview oleh sistem dan akan di delete sesegera mungkin.
  3. untuk yang belum tahu channel telegram saya ini ya, https://t.me/hanifmahaldichannel

Share Ke Teman-temanmu Ya...

2 thoughts on “Tanya Jawab Bebas Seputar Menulis Fiksi Di Kolom Komentar

  1. Kak, izin bertanya.
    Jika kita ingin menerbitkan buku, kita harus menyesuaikan panerbit dengan karya kita atau bebas kak?
    Makasih sebelumnya

    • Tentu, karena penerbit memiliki pasar mereka sendiri-sendiri. Namun sekarang tetap ada kok penerbit yang menerbitkan buku non-fiksi juga menerbitkan buku fiksi.

      Lebih baik, di daftar dulu saja penerbitnya. Penerbit untuk fiksi dari yang sering kita temui di gramedia sampai yang jarang kita temui. Kalau yang sering seperti gagasmedia, bentang pustaka, mediakita, gramedia pustaka, tentu saingannya juga akan lebih banyak dan sulit. Jadi bisa memilih penerbit-penerbit lainnya yang masih mau menerbitkan karyamu untuk bisa sampai di pajang di toko buku.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.