Studi Kasus: Membuat Judul Iklan Menarik

Sekali-kali, saya akan mencoba membahas hal seputar dunia bisnis dan kerja yang pernah saya tekuni. Oke, kali ini adalah metode observasi. Artinya, saya melihat berbagai hal, mengamati dengan standar atau ukuran tertentu, mempelajarinya dan juga mengambil kesimpulan dari sana. Salah satu hal yang ingin saya bahas kali ini adalah membuat judul iklan yang menarik. Ini merupakan studi kasus untuk kamu yang pernah mampir ke blog ini dan bertanya seputar, “apakah paragraf yang menarik bisa juga digunakan untuk wilayah jualan dan bisnis?” jawabannya bisa.

Sebelumnya, semua studi kasus ini langsung dari website ratakan.com ya. Jadi ratakan ini merupakan portal website yang menjual barang berupa ditigal. Seperti tutorial, software, aplikasi, eBook dan hal lainnya. Jadi, kamu bisa mengecek di websitenya langsung. Dan beberapa kalimat menarik yang saya ambil di sini adalah yang menempati urutan produk populer dalam lingkup 30 hari terakhir atau sempat populer dan banyak dibeli oleh para pebisnis di internet untuk membantu bisnis mereka. Karena di ratakan, setelah kamu jadi member, kamu akan bisa langsung mengecek di menu produk terlaris. Yuk, langsung aja ya.

Lebih Dari Satu Manfaat Dalam Satu Kalimat!

Salah satu cara membuat judul iklan yang menarik atau kalimat penawaran yang menarik adalah dengan langsung menunjukkannya secara to the point pada orang yang membacanya. Bisa kamu lihat di gambar yang sudah saya sertakan. Produk ini adalah New Tube Tool Boss. Salah satu produk yang berisi paket desain untuk bisa mendesain channel youtube milikmu layaknya youtuber terkenal di Indonesia dan di dunia.

Kalimat dalam gambar diatas dijelaskan, kalau kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus yaitu lebih banyak subscriber, watchtime, traffic, bahkan bisa juga sampai mendapatkan keuntungan itu ke website atau blog milikmu dan membuat channel youtubemu bisa menghasilkan uang. Seperti AdSense, jualan produk langsung atau apa pun yang mana lebih menjual. Menarik, karena kalau kamu ingin menjual sesuatu, baik itu produk milikmu sendiri, dropship atau reseller, maka kamu bisa meniru cara membuat kalimatnya seperti ini. Yaitu, langsung menjelaskan manfaat apa yang bisa dirasakan oleh konsumen jika membeli produkmu. Satu kalimat cukup menjelaskan banyak keuntungan sekaligus.

Menjelaskan Kalau Ini Bukanlah Hal yang Sulit!

Nah, kali ini bisa dilihat pada kalimat di gambar ya, ada beberapa angka yang digunakan. Pertama adalah angka 11 lalu ada kata jutaan rupiah dan juga terakhir yaitu berkali-kali. Jadi, kalimat penjualan atau judul iklan yang menarik bisa dibuat dengan cara kita menghadirkan sesuatu yang sangat mudah untuk diikuti. Di atas dijelaskan kalau kamu bisa jualan eBook hanya dengan 11 langkah dan meraih jutaan rupiah serta tanpa membuatnya terus menerus. Artinya satu eBook saja cukup. Bukankah ini menarik? Nah, ini ada dalam halaman website bisnisebook. 

Sebagai seorang yang menjual suatu produk, keunggulan produk yang kita berikan pada konsumen haruslah benar-benar bisa membuat mereka merasa terbantu. Jika pada pembahasan pertama langsung menyebutkan manfaat yang bisa diperoleh, tapi di sini yang dijelaskan adalah jumlah manfaatnya. Seperti ini contohnya, “Inilah tas serba guna, dengan 10 keunggulan yang bahkan tidak pernah kamu temui pada tas sejenis sebelumnya, salah satu keunggulannya adalah bla bla bla,” bisa seperti itu. Jadi kita langsung menyuguhkan suatu keunggulan produk dengan jumlah keunggulan yang bisa didapatkan oleh konsumen. Sehingga konsumen bisa merasakan kalau mereka membeli produk itu, mereka akan mendapatkan kemudahan demi kemudahan untuk mencapai kebutuhan mereka.

Menggunakan Psikologi Waktu

Kita sendiri selalu terkait erat dengan waktu. Dalam kegiatan apa pun, kita selalu menggunakan waktu sebagai standar acuan atau sebagai tolak ukur untuk menentukan sesuatu. Seperti menentukan sesuatu itu berhasil atau tidak, kita akan memakai waktu. Misalnya, “cepat bisa menulis cerpen best seller dalam seminggu,” nah ini adalah salah satu kalimat yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Seperti halnya membuat judul iklan yang menarik.

Pada gambar tersebut, saya ambil dari produk cukup laris di ratakan yaitu simpel audiens. Produk yang khusus diperuntukkan oleh para pebisnis dunia internet atau sebutannya internet marketer untuk mendapatkan calon konsumen yang tepat. Bisa dilihat kalau cara mudah tidak harus melulu soal tahapan atau langkah-langkah pada pembahasan sebelumnya. Jadi bisa juga dengan psikologi waktu. Bisa dilihat pada kalimat, “dalam waktu sesingkat-singkatnya,” memang agak rancu, karena tidak menunjukkan sesingkat apa. Bisa satu jam, bisa satu minggu, bisa satu bulan. Tapi sebagai judul, itu sudah menarik perhatian. Sehingga calon konsumen bisa membaca terus pembahasannya sampai akhir untuk memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak.

Menggunakan Kata yang Mustahil

Salah satu trik dan tips terakhir untukmu adalah membuat kalimat dengan kata-kata yang terdengar mustahil. Oke, kamu pernah lihat iklan pengurus atau pelangsing? Kalau kamu baca judul iklannya, maka kamu akan merasa terdengar hal itu sangat mustahil terjadi. Benar? Bagaimana caranya bisa langsing dalam waktu dua minggu saja tanpa olahraga berat? Oleh karena itu walau terdengar mustahil, tapi konsumen pun tetap diajak untuk berpikir hal yang logis lainnya.

Saya ambil contoh dari produk terlaris dan populer lain dan masih dari produk digital berupa aplikasi online yaitu, WA Sender PRO. Oia, saya tidak menjelaskan produknya ya, tapi menjelaskan penggunaan kalimat dalam judul iklannya. Sekarang, adakah yang terdengar mustahil dari kalimat itu? Kalau saya sendiri, kemustahilannya terletak pada kata “OTOMATIS”. Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata otomatis? Tentu sekali klik, semua beres. Dan produk ini sendiri mencoba menarik minat calon konsumen yang benar-benar gak pengen ribet. Jadi konsumen yang tidak mau lagi diberikan tutorial langkah praktis, konsumen yang tidak mau lagi diberikan penawaran terhadap psikologi waktu seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. Sehingga kalimat pada judul iklan ini benar-benar menarik.

Nah, itu dulu ya, kalau ada yang mau kamu tanyakan, bisa kok di kolom komentar. Saya akan bahas kalau saya juga paham ya, semoga terbantu bagi kamu yang sedang menjalankan suatu bisnis atau usaha tapi bingung membuat kalimat-kalimat menarik dalam penawaran.

Share Ke Teman-temanmu Ya...

2 thoughts on “Studi Kasus: Membuat Judul Iklan Menarik

  1. wow keren sekarang blog nya mas hanif.. sudah beranjak menjadi penulis dn blogger yang pro.. saya kapan yah? hehe.. makasih mas atas sharenya.. saya punya jualan fashion muslim tapi saya masih belum terlalu “bisa” untuk menjual.. apa karena saya tidak bisa menyelami dunia ibu-ibu yang jadi konsumen saya.. sebenanrnya ini ide bisnis istri saya cuma mau gak mau saya harus jadi eksekutornya hehe

    • Hehe, sama aja sebenarnya mas, cuma klo yang dulu, saya sering membahas yang kok kayaknya kurang manfaat, tapi sekarang mulai coba deh yang manfaat.

      Fashion muslim ya, mungkin bisa langsung dicek aja ke kompetitor, biasanya kata dan kalimat apa jenisnya yang mereka pakai. Bisa di tiru kok, dan di edit sesuaikan dengan merek kita sendiri.

      Untuk ibu-ibu emang penting kalau kita memposisikan gaya bahasanya menjadi ibu-ibu juga, biar mereka merasa gak asing itu. Mungkin bisa saya bahas di artikel lain nanti.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.