Setelah Lulus, Nulis Buku Yuk!

Akhirnya buku pertama saya akan terbit (hore…). Betapa senangnya. Hehehe. Impian dari sejak sekolah untuk dapat menerbitkan buku sendiri terwujud. Ya, menjadi seorang penulis adalah cita-cita lama diantara cita-cita lainnya yang tidak kunjung tercapai. Usia hampir 25 tahun. Tetapi kalau cita-cita satupun belum ada yang teraih kan sayang sekali. Akhirnya memutuskan untuk fokus di satu impian saja dulu. Yaitu menulis.

Salah satu akun twitter saya, @NasihatAyah akhirnya dapat menerbitkan sebuah buku (loh, dia nerbitin buku sendiri?) hehe, bukan. Maksudnya, seorang penerbit sudah menghubungi untuk membuat buku tentang akun twitter @NasihatAyah. Hal itu sudah terjadi dari bulan Juli 2013 kemarin. Hingga sekarang di akhir tahun setidaknya November 2013 ini buku itu akan terbit.

Lihat dulu yuk penampakannya :)

Cover Buku @NasihatAyah

Covernya akan seperti itu. Karena sudah naik cetak dan pertengahan desember 2013 nanti sudah ada di toko-toko buku di Indonesia. Cukup senang ternyata dari bulan Juli 2013 hingga sekarang sempat tidak percaya kalau buku saya perdana akan terbit. Soalnya prosesnya panjang. Padahal ini baru buku saya saja. Apalagi kalau penerbit juga menggarap buku karya orang lain. Pasti lebih sibuk di penerbitan buku disana ya. :)

Hadiah Untuk Ayah dan Ibu

Saya lulusan Mipa Fisika dan tentu banyak yang menyangsikan diri saya bisa melakukan suatu hal. Apalagi dengan nilai pas-pasan tentu saya juga tetap ingin berkarya. Salah satu karyanya adalah dengan menulis ini. Buku perdana ini akan menjadi hadiah untuk Ayah dan Ibu yang jauh di kalimantan. Setidaknya saya bisa menunjukkan jika saya sendiri adalah bisa mewujudkannya. Tidak lagi beranggapan dan menunggu penilaian orang tentang saya seperti apa baru saya menjadi apa. Tapi saya tunjukkan inilah saya, baru orang lain boleh menilai.

Hadiah ini akan benar-benar membahagiakan karena ini awal dunia menulis saya. Gerbang awal yang akan terus berkembang. Semoga tidak hanya di Visimedia Pustaka saja buku saya diterbitkan nantinya. Tapi di penerbitan lainnya yang mau menerbitkan buku-buku saya selanjutnya. Ah, jadi semangat menulis lagi nih. Nulis yuk… Sekarang sudah mudah kok untuk menjadi penulis. Lomba penulisan buku juga sudah banyak. Apalagi sudah bisa menerbitkan buku indie sendiri sekarang ini. Mari menulis…!

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

27 Replies to “Setelah Lulus, Nulis Buku Yuk!

  1. Wow, keren banget! Aku juga pingin banget nerbitin buku, sampai-sampai beli buku panduan cara nerbitin buku, tapi sampai sekarang, belum satu halaman pun terketik, hehe…

    1. diketik saja, dibuat target deadline. Misalnya 1-2 bulan sudah harus jadi. Emang sih pertama-tama jika sudah jadi bakal merasa aneh melihat tulisan sendiri. Tapi kan selera setiap orang berbeda. Kasih aja ke penerbit siapa tahu bukunya selera penerbit.

        1. dicoba aja mas, berefek kok. :) malah kalau sudah rutin menulis buku walau tidak terbit nantinya bisa terbit juga lewat jalur indie :)

    1. tentang segala hal yg berkaitan dengan ayah. Nasihatnya. Petuahnya. Studi kasus mendidik anak dari sudut pandang si anak maupun si ayah sendiri. :)

  2. Kata Ernest Hemingway, membuat buku terbit itu destruktiv bagi penulisan.

    Maksudnya, kepenulisan akan berhenti jika sudah dalam bentuk buku.

    namun, buku akan menjadi benda yang wajib dilindungi jika buku itu adalah sesuatu yang belum final.

    artinya, dengan buku pertama sobat ini, tidak akan menjadi destruktiv atau sia-sia jika akan terbit buku selanjutya dari sobat.

    terus berkarya sobat? Tunggu buku saya…

    salam…

    1. tentu om. :D ini juga mau rencana buat buku lagi. Tapi dalam waktu 1 tahun musti gencar promosi setidaknya buku pertama harus bisa diterima di masyarakat. Kedua dan ketiga nanti dari buku saya bisa lebih mudah diterimanya :)

  3. Tidak lagi beranggapan dan menunggu penilaian orang tentang saya seperti apa baru saya menjadi apa. Tapi saya tunjukkan inilah saya, baru orang lain boleh menilai.

    Setuju banget dengan pernyataan ini, nanti beli ah bukunya, cuma 38 ribu ya :D

  4. Lama nggak mampir kesini, sekalinya mampir udah mau nerbitin buku aja :D
    Keren mas, semoga sukses bukunya ya :D
    Semoga laris manis :)

  5. Menulis dan menerbitkan buku gampang-gampang susah. Sejak buku pertama saya (kumpulan tulisan) terbit pada 2009 lalu, hingga kini saya belum mampu menulis lagi. Padahal, saya termasuk rutin menulis di blog. Saya berharap, tahun 2014 bisa menulis buku lagi.

    1. fokusnya aja mungkin mas taufik yg beralih dari buku ke blog. Saya sebenarnya mau nulis buku lagi, tapi butuh jeda dulu setahun agar maksimal promosinya :D

  6. Wah keren udah nulis buku sendiri, kepingin juga sih bisa nerbitin buku kayak Mas. Cuma agak bingung untuk menentukan tema bukunya itu apa. Hhhmmm… Kira2 bisa ngasih masukan ngga Mas? Trims…

    1. Mudahnya gini mas dwi, kita buat buku, dengan topik yang paling sering kita baca. Kita sering baca novel, berarti kita lebih paham menulis novel. Tapi tidak menulis humor. Jadi pemilihan topik berdasarkan pengalaman membaca.

Comments are closed.