Seminar Dokter Memenuhi SKP?

Nah, berhubung ada info menarik bagi para dokter. Sebenarnya sih, gak tau juga, blogku ada yang baca gak ya para dokter? Hehe. Dokter memang identik dengan kesibukan kan? Sehingga jam praktek di rumah sakit bisa sampai malam dan hanya akhir pekan biasanya buka internet. Itu juga kalau buka, kadang dihabiskan bersama teman dan keluarga. Malah gak buka sama sekali.

Tapi sosial media pasti buka dong… :D

Ada yang saya baru tahu nih, uniknya, para dokter yang sudah memiliki izin praktek harus menambah poin SKPnya. Apa itu SKP? Satuan Kredit Poin. Berfungsi bagi para dokter untuk dapat memperpanjang STR (surat tanda registrasi) yang berguna sebagai izin praktek. Ternyata dokter butuh 250 SKP selama 5 tahun. Artinya dokter perlu menambah nilai SKP itu dari seminar, workshop, atau symposium. Hm… Symposium dan workshop belum saya tahu sih artinya apa. Postingan selanjutnya mungkin bisa saya bahas. Jadi dokter sendiri selain menambah SKP juga mendapatkan ilmu terupdate mengenai kesehatan untuk memenuhi SKP tersebut.

Oke, lalu apa nih seminarnya?

Ternyata seminar bernilai SKP tinggi cukup mahal, tentu juga harus terakreditasi IDI (ikatan dokter indonesia). Jadi tidak sembarangan seminar bisa diikuti. Kemudian, belum lagi semakin tinggi nilai SKP biasanya semakin tinggi juga harga tiket seminarnya. Kali ini ada dari Lingkar Studi Bedah Plastik menyelenggarakan Jakarta Burn Congress ke 4 kalinya.

Jakarta Burn Congress 2014

Apa sih yang di bahas nantinya?

Pertama akan diadakan 2 hari seminar, yaitu tanggal 13 dan 14 September 2014

Tanggal 13 September (symposiumnya) akan diadakan:

  • Challenges in Airway management (inhalation trauma)
  • Timing and selection of Breathing mechanical ventilation,
  • Fluid resuscitation and control hemorrhagic,
  • Diagnosing and managing Sepsis, Septic Shock , ARDS and AKI in Burn
  • How to build a burn team
  • Early excision and Skin grafting and deep dermal burn
  • Interactive Mini Workshop : Selection of Wound Dressing in Burn Wound, Special Cases consideration ( Chemical, Electrical, Child Abuse), Airway and Breathing Mechanical Ventilation, Fluid Resuscitation and Nutritional Acute Burn Management ( Enteral, parenteral, oral)

Nah, tanggal 14 (workshopnya) Septembernya akan diadakan:

  • airway management, breathing and mechanical ventilation, wound management, and escharotomy and fasciotomy (dry hands on)

Lalu seminar hanya akan dihadiri oleh maksimal 66 peserta saja. Tempatnya di Shangri-La hotel (Symposium) & WISMA 76 17th Floor, Letjen S.Parman, Jakarta (Workshop).

Pendaftaran online dilakukan oleh layanan DrPro yang bisa diakses melalui gambar diatas (klik aja gambarnya untuk langsung ke DrPro).

Bagi teman-teman dokter yang pengen ikut atau punya temen dokter, bisa di infokan nih. :) Oia, satu lagi, daftar selain dari DrPro gak dapat korting/diskon loh. Diskon hanya berlaku jika daftar online melalui DrPro.

Sebenarnya pengen juga sih tahu apa itu seminar dokter (walau bukan dokter juga sih), tapi sepertinya untuk dokter yang butuh SKP saja deh seminar kali ini. Saya lewat dulu… Cusss…

7 Comments

  1. ndop 11/09/2014
    • Hanif Mahaldi 13/09/2014
  2. Idah Ceris 13/09/2014
    • Hanif Mahaldi 16/09/2014
    • Hanif Mahaldi 24/09/2014
  3. Rudi 28/03/2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *