Selalu Terserang SPAM!

Mau tanya, atau curhat juga boleh. Hehe.

Blog pribadi ini sering sekali terserang SPAM dibagian komentarnya. Padahal sudah beberapa kali gonta-ganti plugin anti-spam. Masalahnya itu tadi. Kenapa masih bisa masuk komentar SPAMnya? Saya pernah menggunakan plugin anti-spam yang contrang-contreng itu. Lalu plugin dengan menggunakan capcay. Tapi tidak berhasil.

Kemudian, selanjutnya saya gunakan sistem moderasi. Sehingga beberapa blogger yang sudah pernah saya approve pasti muncul komentarnya langsung. Sayangnya lagi, ada blogger yang sudah pernah komentar sebelumnya tapi komentarnya masuk moderasi. Bikin pusing lagikan. Apalagi beliau sempat mengontak saya di kotak komentar jika komentarnya masuk moderasi. Saya kan jadi tidak enak hati. #AkuKuduPieYo…

Serba stress dan bingung. Saya ingin bertanya, mungkin teman-teman tahu, saya harus bagaimana? Apakah ganti theme? Menghapus plugin? Atau bagaimana? (Padahal thema ini berbayar juga apa kena backdor)? Atau malah server hosting saya yang diserang? Ah, entahlah. Oia, ini list plugin yang saya gunakan.

  • All In SEO Pack
  • Captcha
  • CommentLuv
  • EWWW Image Optimizer
  • Floating Social Bar
  • Google Analytics by Yoast
  • Google XML Sitemaps
  • Quick Adsense
  • Resize Image After Upload
  • TinyMCE Advanced
  • WP-Optimize
  • WP Super Cache

Themanya menggunakan elegant themes. Lalu servernya di shehoster. Ini penampakan SPAM komentarnya yang sudah saya hapus.

Komentar SPAM

Bayangkan harus menghapus setiap minggunya hal-hal seperti itu. Haha. Silahkan kritik dan sarannya untuk membantu saya. :D Terima kasih.

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

13 Replies to “Selalu Terserang SPAM!

  1. Wah, share plugin sekalian rupanya. Sebagian besar plugin yang kita pakai sama mas.
    Ngomong-ngomong soal spam, blogku juga banyak yang nyepam mas. Totalnya sekarang ada 67 comment spam. :o #woow
    #berantas_spam

  2. Saya awal tahun ini kena spam banyak sekali. Saya pakai hanya akismet saja, sih. Saya ga ingat siklusnya tapi sempat banyak lalu kemudian sedikit.
    Kalau saya, biasanya cek semua plugin dulu, semua diupdate dgn version terbaru, termasuk juga wp-nya. Biasanya setelah itu bersih. Kayak sekarang sih sudah bersih.

  3. Kok gak pakek akismet? gak mempan ya? Kalau gitu pakai plugin Anti Spam. Punya sedikit spam tiap minggunya, paling cuma 1.

  4. Plugin spam yang paling paling ampuh dan gampang, Anti Spam dr webvitaly. Tinggal install dan beres, ndak perlu di seting segala.

    Folder spam jadi 0 dan komentar yg masuk 99,99% bukan spam. Jadi enak, ndak perlu delete komentar yg marked as spam lg.

  5. banyak juga ya plugin yang sudah di install di blog ini. kalau saya sih cuma install akismet, ad inject, wp archive, submit post, dan floating :D

    kebetulan blog saya cuma tak pasang akismet sudah lumayan aman mas dari serangan spammer. Semua komentar spam sudah otomatis masuk ke folder spam, jadi agak aman deh. Tapi kadang ada juga spammer yang lolos masuk moderisasi :D yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin deh :)

  6. resiko bos. makin rame blog, tandanya makin dikenal. makin dikenal, gak cuma orang baik yang dateng.

    emang harus rajin2 sih bersih2. bukan cuma karena gak enak dipandang mata, tapi juga ngerusak nama juga.

Leave a Reply to tipzblogging Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *