Sedikit Cerita Bermain Adsense

Oke, sekarang berbagi cerita, bukan tips, ya kalau bisa dilakukan silahkan, tapi tidak memberi harapan loh. Hehe. :) Begini, bermain adsense sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang di jika tahu triknya, susah jika tahu triknya tapi tidak ada hasilnya. Karena alogaritma google berganti-ganti setiap tahunnya.

Sekali lagi ini bukan tips, cuma berbagi pengalaman apa sih yang saya pakai nichenya untuk blog beradsense. Ceritanya saya pernah mendapatkan $20 dengan blog niche abal-abal, topik bebas, tidak fokus dan membuat saya frustasi. Hehe, kenapa? Soalnya dari angka dollar itu tidak ada kenaikan lagi. Padahal artikel terus ditambah. Alhasil membengkak space hosting dan harus diupgrade lagi. Sayangkan, tidak balik modal. Sehingga blog abal-abal saya pensiunkan.

Masih Jaman Main Adsense?

Sebenarnya masih loh, cuma lagi malas aja ngembanginnya lagi. Banyak perusahaan besar berbasis informasi digital menggunakan adsense sebagai sumber penghasilannya. Selain juga menampilkan iklan dari klien baik dalam negeri maupun luar negeri. Lalu biasanya adsense menjadi hal yang paling penasaran diantara para pemula dunia internet marketing sebagai sumber penghasilan. Penasaran kenapa? Penasaran dapat western union dan pencairannya. Saya juga masih penasaran loh.

Pengalaman Google Adsense

Sumber gambar : http://www.lineamedia.si/img/spletno_oglasevanje/google_adsense_oglasevanje.png

Berarti Belum Pernah Payment Nih?

Belum. Jadi dengan blog abal-abal itu cuma menghasilkan $20. Lalu mencoba dengan blog lowongan kerja atau loker. Target dibuat spesifik yaitu lowongan kerja khusus untuk lulusan kuliahan. Posting artikelnya jadi mudah tuh, spesifik, tidak terlalu meluas, juga bisa diambil dari website-website universitas di Indonesia. Sayangnya, kurang rajin juga. Dalam waktu 3 bulan berhasil menaikkan dari $20 sampai ke $80. Bulan ke 4, kandas. Tidak dilanjutkan lagi deh.

Kandas? Kurang modal? Atau Apa?

Gak sih, cuma seperti yang saya bahas di awal artikel ini, alogaritma google diupdate terus. Hewan peliharaan google mulai bertambah juga. Dari google pinguin, panda, dsb itulah yang tiba-tiba membuat penghasilan dollar tidak ada sama sekali. Usut punya usut, indeks blog saya di pencarian google hilang. Haha. Itulah sulitnya jika mengandalkan semata-mata hanya dari pencarian google. Nasibnya yaitu tadi, bisa hilang dari peredaran. Padahal sumber traffic utama dari sana. Kalau mengandalkan sosial media agak sulit. Belum menemukan formula yang pas. Lagi pula juga sudah kalah dengan kompetitor yang punya blog lowongan kerja berartikel lebih dari 1000. Waktu itu saya cuma sampai 90 artikel kalau tidak salah.

Berarti Sekarang Bagaimana?

Saran saya sih, bagi teman-teman yang mau berpenghasilan dari google adsense ya harus rutin posting artikel. Setidaknya 2-3 artikel setiap hari. Lalu readable artinya juga enak dibaca tidak asal posting. Topiknya mau lowongan kerja juga boleh. Masih menguntungkan kok. Biasanya web lowongan kerja tidak menggunakan adsense buat mencari penghasilan. Tapi menjual ebook soal cpns, latihannya, atau soal psikotes, dsb.

Perlu diperhatikan juga tampilan blog. Tahun 2014 ini lebih banyak tren blognya adalah flat UI. Artinya harus responsive, bisa diakses di semua gadget tanpa merubah struktur tampilannya, lalu juga retina font, tidak menyakitkan mata. Bisa teman-teman cari di google apa itu blog bertheme flat UI. Kebanyakan blog yang sudah memiliki artikel lebih dari 100 sulit mengubah theme-nya dikarenakan databasenya bisa berantakan juga. Kalau mau cermat, keunggulan di tampilan yang modern bisa mendatangkan traffic juga. Selain dari SEO dan sosial media.

Saya juga mau mencoba lagi. Atau teman-teman ada nih yang punya pengalaman di google adsense bisa sharing. :)

15 Comments

  1. Volverhank 24/09/2014
    • Hanif Mahaldi 26/09/2014
  2. tahta laksana D 25/09/2014
    • Hanif Mahaldi 26/09/2014
  3. @bangsaid 27/09/2014
  4. ibnu ch 28/09/2014
  5. Zizy Damanik 19/10/2014
  6. ndop 20/10/2014
  7. tipzblogging 25/10/2014
  8. Ponsel Murah 23/03/2015
  9. Aryan 01/04/2015
  10. Cara Dian 01/12/2015
  11. Ahmad Tauhid 22/02/2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *