Review Buku Di Balik Tirai Aroma Karsa

Review Buku Di Balik Tirai Aroma Karsa

Review ini saya pilih karena ternyata memang Mbak Dee ini kalau nulis mudah sekali untuk diikuti. Benar-benar seperti air mengalir. Enak gitu. Jadi review saya sebelumnya tentang Aroma Karsa menjadi tidak enak dan tidak nyaman. Karena kurang maksimal dan seadanya. Tapi tidak saya ubah ya, saya anggap sebagai pembelajaran kepenulisan saya juga.

Kali ini saya bahas judul buku barunya yaitu “Di Balik Tirai Aroma Karsa”. Salah satu buku kiat penulisan dan proses kreatif yang saya pikir tidak akan mudah dipahami oleh penulis amatir seperti saya. Dan jawabannya, benar. Kamu tidak akan menemukan langkah demi langkah cara menulis novel di buku ini. Dan kalau kamu belum baca Aroma Karsanya langsung baca ini, jelas makin sulit dan gak nyambung. Apa sih yang bisa saya dapati dari buku ini dari kiat penulisan yang lain?

Swasunting.

Ini keren. Sungguh. Kalau saya menjelajahi Udemy, SkillShare, MasterClass, tidak ada yang membahas swasunting ini lebih baik daripada Mbak Dee. Kenapa? Karena contoh langsung dari Novel Aroma Karsa menjadi tolak ukurnya. Ditunjukkan potongan draft pertama lalu disunting itu keren. Jadi tahu kalau Mbak Dee ini juga butuh penyuntingan beberapa kali oleh tim editor agar semakin efektif penulisannya, plot hole bisa dihilangkan, adegan demi adegan mulus kayak pantat bayi, kerenlah pokoknya.

Tapi… Kalau kamu mau beli buku ini berharap akan ada seperti, tiga babak persisnya seperti apa, metodenya mana dulu apakah ide atau adegan atau plot atau apa pun itu, kamu bisa kecewa. Tapi semuanya dibahas sangat dalam. Hanya saja penyajiannya mirin nulis novel juga jadinya, saya harus bolak-balik halaman karena telah menemukan kiat baru yang terlewat. Seperti kiat yaitu AKSI-REAKSI. Ini sudah banyak ada di Udemy dan SkillShare. Tapi kalau baca buku ini rasanya, semuanya jadi aksi reaksi. Sekali lagi keren.

Apa lagi dong kelebihannya? Yaitu riset.

Momok saya dan penulis amatir lainnya yang kekurangan dana, bahan bacaan adalah riset. Mbak Dee malakukan risetnya tepat guna. Bahkan bisa sampai ke laboratorium untuk menjajal sendiri meramu parfum itu tidak murah. Belum lagi jaringan ke orang-orang penting di Universitas Indonesia. Saran saya, untuk kamu yang mulai menulis, temanya jangan mengambil yang ada kaitannya dengan sejarah Indonesia. Bisa pusing mencari risetnya dan sulit untuk ngawur. Tema lain sih boleh. Terutama tema-tema percintaan, pekerjaan, atau sekalian saja fantasi. Kita buat negeri khayalan sendiri. Malah risetnya dari imajinasi kita sendiri. Jujur risetnya Mbak Dee ini menurut saya sulit dikalahkan. Sudah setara Dan Brown sih. Kalau saya masih ke Neil Gaiman aja. Ada bumbu imajinasinya yang lumayan kental. Jadi bisa sesuka hati mau seberapa banyak risetnya yang penting naskah jadi dulu.

Kekurangannya lagi?

Saya masih merasa perlu untuk diberikan wrap up atau kesimpulan taktis praktis. Maksudnya di buku ini, semua hal jadi penting. Bagi pemula tidak selalu. Seperti pengembangan tokoh. Bisa pusing setengah mati. Tapi bagi pemula bisa saja Mbak Dee menekankan plot harus sekokoh gedung dulu baru ke tokoh. Tapi Mbak Dee tidak mengunci itu. Jadi ya, plot oke, sekaligus garap tokoh oke, jadi, ya seperti Mbak Dee jelaskan. Novel ini digarap 1,5 tahun. Sangat matang sekali akhirnya. Sedangkan kalau saya sudah dengar dari Stephen King. Penulisan, riset, sampai sunting jangan lebih dari 3 bulan. Ya, sekali lagi sih, Stephen King memiliki novel Jalan Kaki Sampai Mati itu saya baca sudah terkesan imajinatif sekali. Setiap penulis punya cirinya sendiri.

Apakah rekomendasi buat kamu? Tentu. Ini buku kiat penulisan lengkap pakai komplit. Ibarat kamu beli baju, kamu dapat bonus celana, topi, kaos kaki, semuanya deh. Jadi kamu bakal mikir ulang dua kali untuk menjadi penulis. Kalau sekedar nulis kayak saya, oke. Mari menulis. Tapi kalau mau sehebat Mbak Dee, duh, nanti dulu. Jalan masih panjang. Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.