Pilih Belanja Online Dimana?

Sekedar berbagi cerita sekaligus bertanya nih. Ya, sharing-sharing gitu. Hehe. Temen-temen suka belanjar online di mana?Toko Online, MarketPlace, atau Forum? Inget ya belanja online. Kalau belanja offline ya gak usah saya tanyakan. huehehe.

Sebelumnya bagi yang belum tau ketiga hal diatas itu contohnya kayak apa sih? Berikut contoh singkatnya,

Toko Online

  1. Lazada
  2. Zalora
  3. Tees

MarketPlace

  1. OLX
  2. Tokopedia
  3. Elevenia

Forum

  1. Kaskus
  2. Ads.Id

Nah, silahkan teman-teman tambahkan sendiri di komentar di bawah nanti.

Pilih Belanja Online Dimana

Saya sendiri lebih sering belanja hanya di dua tempat kalau online yaitu di toko online atau di forum. Jarang sekali belanja di marketplace. Kenapa? Entah kenapa jarang saja. Kepopuleran marketplace kan baru saja. Sedangkan toko online dan forum lebih dulu populer. Maksud populer ini bagi saya ya lebih dulu saya jelajahi sebelum marketplace itu muncul begitu.

Saya tidak perlu membahas lebih jauh kurang lebihnya apa, soalnya sudah banyak yang bahas. Yang mau saya bagi-bagi cerita, seberapa besarkah peranan dari ketiga hal diatas dalam kehidupan perekonomian teman-teman? (beuhhh… bahasanya… haha.)

Bagi saya sendiri seperti toko online, saya sering sekali belanja buku dan pakaian. Seperti toko online bukabuku kalau saya lagi hunting buku di toko buku togamas atau gramedia, eh toko buku disana kehabisan. Pengen pesen tapi indennya lama booookkkkkk… Maklum soalnya kalau di toko buku biasa itu tergantung distribusi massalnya apa, jadi pesen 1 buku aja malah berbulan-bulan dikabari. Mending langsung beli online. Mahal sedikit karena ongkir gak masalah kan ya… :)

Lalu pakaian ini lebih seperti kaos, jaket, dsb. Kalau sepatu saya jarang bahkan tidak pernah beli online. Takut pas sampai gak cocok ukurannya. Haha. Tas? Bolehlah, tapi pas ada toko online lagi booming kalau gak salah loomberg, saya selalu terlewat masa pemesanan dan selalu habis. Hehe, jadi beli offline juga akhirnya kalau tas. Beli pakaian kaos dan jaket dimana? Saya biasanya beli di tess.co.id. Tapi khusus yang jiwanya muda. Hehe. Kalau pakaian yang berkelas seperti kemeja, kaos berkerah, saya lebih ke toko offlinenya.

Saya pribadi menyenangi belanja online bisa menekan pengeluaran belanja tidak terduga. Semisal nih, mau belanja buku ke toko buku yang bisa sekalian cuci mata. Gramedia di mall itu. Nah, resikonya saya bisa tertarik beli yang lain. Atau beli pakaian yang ada di mall seperti kaos, atau di jalan khusus toko distro. Jatuhnya malah muter-muter tidak ketemu selera. Habis di waktu, bensin, makan, dsb. Walau tidak selalu benar juga tapi saya merasakan dampak perekonomian yang cukup besar. Hahaha.

Okai… Bagaimana dengan teman-teman? Monggo berkomentar…

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

27 Replies to “Pilih Belanja Online Dimana?

  1. kalo ane lebih suka B2C (Business to Consumer), alias toko online, lebih terpercaya, sistemnya juga enak, rapih. tapi ane juga pernah beli diforum, kalo diforum enaknya bisa banyak tanya. kalau marketplace ane belom pernah. sebenernya ane sih cenderung lebih suka beli online, tapi barang tertentu aja. Bener banget bro kalo masuk ke mall/toko niatnya beli 1 barang, liat barang lain jadi pengen juga.

  2. Aku seringnya belanja online di Lazada, Zalora, Rakuten, dan Bhinneka mas.
    Ya yang udah terpercaya itu.
    Gak pernah malah belanja di OLX dan sejenisnya.
    Kalo di forum juga gak pernah kayaknya :D

  3. kayaknya ane lebih suka di olx gan, bisa ketemuan orang nya langsung dan bisa lihat barang nya secaa lansgung, jadi bisa menghindari pnipuan :D

    oh iya blog arsitekturdunia.com agak lama gan loading nya, ane komen disini aja ya gan :D

  4. Kalau saya sejauh ini belum pernah jajalin belanja di toko online, marketplace dan forum diatas mas, mungkin saat ini belum butuh :p Tapi pernah belanja online buat keperluan komputer di rakitan.com aja, karena selain lengkap, prosesnya juga cepat.

    Kalau barang yang dipakai kayak pakaian, tas, sepatu saya lebih prefer offline, karena bisa langsung jajalin di tempat, bisa tau cocok atau nggak nya juga :D

      1. Iya betul, kalo saya untuk online shopping kayaknya mending barang-barang yang agak ‘limited’ aja, abisnya lumayan lama sih untuk pengirimannya. :|

  5. Dulu suka sih belanja di lazada, soalnya ongkos kirimnya gratis… tapi sekarang enggak :( selain itu jugakarena banyak diskonnya :D

  6. Gak suka tees. Kainnya panas di kulitku. hahahha..

    Aku sih seneng Zalora kalau beli fashion. Lazada agak gak suka soalnya yg jualan ternyata banyak. Lazada kayak mall sih. hahaha.

    1. haha, bener, mall klo lazada, apalagi sejak pakai sistem affiliate. Makin banyak deh produknya.

      Tees emang produknya gak bagus2 amat mas ndop, tapi desainnya yang bebas dari berbagai desainer itu yang kadang jatuh hati. :D

  7. Saya ga terlalu sering belanja ol karena itungannya masih ribet :) setelah bayar harus konfirmasi lagi :(
    coba bisa serba otomatis pasti lebih enak. Tapi dari situs diatas yg pernah sy coba cuma kaskus & lazada doang

  8. Kalau saya sekarang lebih sering belanja di Tokopedia, karena cukup nyaman dengan sistem mereka. Walau memang harus teliti si sebelum membeli karena toped kan cuma marketplace jadi harus lihat2 juga penjualnya seperti apa, kalau mereka responnya cepat & cukup ramah sama pembeli biasanya saya lanjutkan belanja.

    1. Iya, toped banyak yang disukai katanya juga sistem rekbernya bagus. Hm.. belum pernah nyoba banyak sih.. harus teliti juga soalnya marketplace cuma tempatnya aja, penjual ya beda lagi ceritanya.

  9. Saya waktu itu mau upgrade ram laptop.

    Karena laptop tergolong yang jadul hehe.

    Nyari di toko-toko offile udah muter2 ga nemu.

    Dan jatuh cinta sama marketplace.

    Nemu di tokopedia dan bukalapak (second)

    Tapi alhamdulillah hingga saat ini masih ngacir nih RAM-nya.

    Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *