Perlukah Mendesain Ebook?

Perlu gak sih?

Perlu sekali. Bagi saya sendiri yang pernah menjual ebook, minimal sebuah ebook harus menarik bagi para pembaca. Ebook apapun itu. Tentang cara memasak makanan tertentu, panduan travelling, sampai tips dan trik seputar gadget membutuhkan desain ebook yang menarik.

Sederhananya, setiap orang akan menilai cover dulu sebelum isi.

Kenapa?

Tidak semua orang punya effort menghabiskan waktu untuk membaca ebook yang kita bagikan. Baik gratis ataupun berbayar. Walaupun isinya sebaik apapun, rating diantara review pembacanya juga baik, tapi desainnya tidak menarik, orang akan berpikir berulang kali menghabiskan waktunya membaca ebook kita.

Sama halnya dengan buku. Di toko buku semisal gramedia, kita akan melihat kecocokan desain sampul bukunya dengan judulnya. Jika menurut kita sampul dan judul menarik hati, bahkan kita akan menyingkirkan perihal masalah harga.

Saya mendapati beberapa buku fisik dimana layouternya benar-benar cerdas menggugah sampul bukunya. Hingga kadang isinya biasa saja dan begitu beragam. Teman-teman juga pasti pernah merasa kecewa saat membeli buku, dengan desain sampul dan judulnya yang tepat, tapi isinya kosong. Pasti pernah kan…

Itulah kekuatan dari sebuah desain. Dapat menggugah pikiran dan perasaan kita, menyingkirkan resiko-resiko kekecewaan saat buku itu terbeli.

Ebook juga demikian. Banyak ebook berbayar, banyak juga yang beli lalu merasa kecewa. Jika teman-teman bermain bisnis online, pasti mengenal warrior forum, atau wso. Tempat jual beli ebook digital bertopik bisnis online. Saya pernah membaca versi gratisannya dari orang yang menyebarkan gratis tanpa izin. Padahal di wso rating ebook itu benar-benar baik, mendekati sempurna. Isinya juga bagus. Tapi saya lihat desainnya, kok ya… Biasa aja.

Desain berpengaruh besar pada ebook karena dapat membantu pembaca tidak lelah membaca. Lalu juga membantu pembaca yakin untuk rehat sejenak membaca ebook itu lalu melanjutkannya kembali nanti.

Butuh contoh? Berikut ada beberapa blog orang luar negeri yang mengratiskan ebook, saya ambil yang memiliki desain baik hingga nyaman dibaca. Teman-teman bisa menambahkannya sendiri pada komentar nanti.

Terlihat profesional bukan? (coba di download dulu, tidak memerlukan subscribe email kok, jadi tenang saja). Bandingkan dengan ebook yang dibagi-bagikan gratis seperti di bawah ini,

Biasa saja? Ya itulah kekuatan desain dari ebook.

Perlu sekali ya mendesain ebook ternyata? Ya, benar, tidak perduli sebaik apapun isinya, sesingkat atau sepanjang apapun, utamakan juga desain. Nah, silahkan dipelajari ebook-ebook diatas. Secara desain saja tentunya. Lalu saya akan mencari tutorial yang bisa kita gunakan untuk mendesain ebook. Siapa tahu ketemu, saya bagi, malah nanti teman-teman bisa mendesain ebook dan membuat ebook sendiri. Semakin banyak ebook berbahasa Indonesia, maka semakin baik keilmuwan di negeri ini.

Semoga bermanfaat ya. :) Salam.

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

30 Replies to “Perlukah Mendesain Ebook?

  1. Dari link ynag diberikan di atas memang beda ya mas desain Ebooknya.

    Btw, kenapa saya harus selalu ngetik data data ya sebelum ngirim komentar? padahal dulu ngak deh mas

    1. Seperti mengisi email, nama, web di komentar ini ya mbak? Mungkin ada settingan blog yg salah nanti saya cek. Soalnya saya sering sekali kena SPAM. Padahal tidak menggunakan jasa backlink atau SEO.

  2. Semua hal itu perlu desain loh. Kursimu yg kamu duduki itu juga didesain agak enak diduduki. Sama dengan meja, komputer, bungkus kacang, dll.

  3. perlu dong, karna dengan mendesain cover yang bagus akan membuat orang tertarik melihatnya dan apalagi klo pas dibaca isinya bagus, pasti langsung mau , ini fakta saya klo cari2 ebook mas

    1. Wah, iya, bahkan beberapa ebook dibranding, jadi siapa dulu yg buat, orangnya, kalau terkenal, pasti mau download, seperti ebook deddy corbuzer itu, dari orang terkenal, desainnya menarik walau simple, dan materinya berbobot.

  4. Sebagai seorang yang hobi desain saya sangat setuju tentang pentingnya nge-disain cover ebook ini.

    Karena saya pernah, pas ada pameran saya pengen beli buku tentang desain,
    covernya sudah buat saya tertarik, tapi lihat ringkasan dibelakang buku ternyata isinya hanya sekedar itu :D

  5. Saya sering membuat e-book untuk panduan belajar murid2 saya di rumah. Soal desain, memang sangat perlu dan utama agar menarik untuk dibaca. Terlebih buat anak – anak ya, desain menarik full color dilengkapi gambar sangat menggugah untuk dilahap anak

  6. wah makasih informsinya mas..
    saya kayaknya dulu udah pernah mampir disini deh , tapi lupa di halaman apa, kalau ndak salah dulu masnya itu ebook yang isinya tentang sehari harus menulis kalau gak salah ..
    salam kenal mas
    sutopo blogger jogja

  7. Sangatlah penting untuk mendesign ebook, karena orang menilai itu dari luarnya dahulu ..

    Sama seperti Logo , logo juga harus di design sebagus mungkin :)

  8. pengen juga nih bisa bikin ebook yang keren dan bermanfaat, tapi bingung mau diisi dengan informasi apa, selain itu juga bingung cara desain nya. Lumayan juga kalau bisa jualan ebook ya mas hasilnya :D

    1. Hehe, uji coba perlu gratisan dulu. Setidaknya kita lihat dari jumlah pendownload. Bisa pakai server yang ada trackingnya. Seperti mediafire atau pake plugin khusus tracking download.

      Berikan berkala itu juga penting. Nantinya terlihat apakah ebook kita dari seri pertama ke seri selanjutnya ada peningkatan jumlah download atau tidak. Kalau ada, berarti sudah siap untuk menjual ebook. Karena materi sudah tepat ke segmen pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *