Ganti Wajah, Ganti Tema

Ganti Tema WordPress

Lama tidak menulis. Ah, rindu rasanya berpeluk dengan ribuan kata-kata yang kupunya. Eh, sebentar, sebelumnya, mohon maaf lahir bathin ya… Selamat merayakan Idul Fitri 1436 H. Semoga amal ibadah kita selama 30 hari berpuasa dan beribadah di malam hari diterima di sisi Allah SWT. Aamiin…

Selama hampir 2 bulan saya tidak update. Bukan tanpa alasan. Banyak alasannya. Nanti akan dijelaskan satu persatu melalui artikel-artikel selanjutnya di blog ini (berasa ngartis, buahahaha). Ok, kali ini ngomongin soal ganti tema blog. Bagi peminat mesin blog wordpress. Tidaklah lengkap jika tidak memiliki pengalaman gonta-ganti tema. Kenapa? Karena ada fitur Theme Option yang tidak bisa dimiliki oleh mesin blog lainnya. Artinya ya tinggal download temanya, upload ke blognya, aktifkan, dan setting tidak lebih dari 1-2 jam (kecuali kita sekalian buat logo, favicon, dsb ya jelas lebih lama).

Ganti tema ini sebenarnya bikin hati sedih gak karuan. Soalnya tema dari elegant themes itu beli loh. Sekitar 40an dollar. Pake duit rupiah belinya. Pake jasa anak kaskus. Hiks. Tapi gara-gara bulan ramadhan ini tepatnya di hari lebaran si Bapak muring-muring selalu tanya, “Mas! Mana blogmu! Katanya kamu menghasilkan uang dari blog! Kok blogmu kayak gini! Gak ada iklannya! Tampilannya gak menarik!” dalam hati saya cuma bisa bilang, “ampun doro… ampun…” hehe, maka dari itulah daripada Bapak tanya terus blog yang menghasilkan uang itu yang mana, jadi blog ini di ubah temanya. Nantinya, iklan akan dipasang juga. Entah iklan apa tapi ya. *hiks*

Alasan kedua, sejak beli tema di anak kaskus dan baru saja berjalan 6 bulan, si pemilik jasa tidak bisa dihubungi untuk update tema elegan themes itu (yang On The Go). Jadi sedih kan, apalagi ada yang buka jasa di ads.id juga responnya gak pernah nongol. Padahal katanya dia buka thread soal jual themes dari elegant ini. Kan makin galau. Berhubung semakin galau ya sudah di rombak abis-abisan saja. Tapi butuh waktu cepat. Karena banyak yang jual themes tapi tidak menyediakan fitur Themes Option. Jadi pilihannya kembali pada koleksi elegant themes atau pada yang lain. Akhirnya, jatuh pada Schema milik MyThemesShop. Btw, itu juga beli. Dari anak ads.id, cuma lebih murah. Gak sampai $10 dan asli. Huehehe. Oke, oke, sekarang teman-teman bisa lihat ini tampilan barunya.

Alasan pakai ini? Pertama, tidak terlalu ramai. Karena saya jarang update. Kedua, sudah responsive, jadi biar Bapak gak ngomel-ngomel lagi. Ketiga, mudah disettingnya, sangat lengkap, bagi nubie atau master blogger sama-sama bisa setting tema dengan tutup mata (maaf lebay, hehe). Keempat, karena murah ada yang nyediain jasa (semoga bertahan si empunya jasa ya, kan repot kudu update ntar nyari-nyari paypal lagi). Kelima, udah itu aja.

Yang belum banyak diperbaiki itu logo (enaknya logo ini ada fitur font-nya. Jadi bingung sama logo, gak perlu, bisa ganti-ganti font kalau bosen). Lalu favicon (bingung blog pribadi faviconnya apa, masak buah jeruk). Kemudian sama thumnail masih coba-coba (maklum ini blog pribadi, untuk woro-woro aja, cari duit di blog lain).

Mungkin itu aja dulu sekilas update dari saya. Semoga teman-teman cukup terhibur dengan kemunculan saya lagi di kancah dunia perbloggeran. Salam dollar! Eh, salam semangat! Hehe.

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

26 Replies to “Ganti Wajah, Ganti Tema

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H
    keren juga ya abis lebaran langsung ganti themes, ngomong2 harga themesnya merakyat juga bisa dapat $10. Mantap (y)

    1. Iya, biasanya kalau yang buatan lokal juga lebih merakyat lagi, kecuali beberapa themes yang memang powerfull dari segi SEO atau fungsionalnya seperti magazine blog + ecommerce

  2. Aku sekarang juga pakai theme default bawaan WordPress. Pernah punya yang berbayar juga (beli waktu ada project, cari theme yang buy one get one :mrgreen ), tapi sekarang lagi bosen. WordPress emang ga lengkap kalo ga pake acara gonta ganti theme hehehe…

  3. Wah, saya udah lama nggak kesini, sekilas saya kira tadi yang dipakai Genesis Framework mas. Keren dan simple, enak dibaca juga ini sekarang :)

    Kenapa ga bikin paypal sendiri saja mas? Biar mudah kalau mau beli produk bule. VCC 4 tahun 100 ribu worthed banget menurut saya :D

    1. Pake nama asli saya udah ke banned mas yono, dlu bingung resolvenya gimana. Haha. jadi dibiarin mangkrak deh. Kalau buat baru, ntar ribet sama data diri yg harus di scan kalau gak punya pribadi. Jadi masih belum buat, dulu juga udah di vcc, tapi kalau kena limit (paypal gak pernahragu melimit) haha, ya itu.

  4. Wuih, mungkin cuma aku yg belum kekinian soalnya templateku gak responsif. Masih mengandalkan jetpack untuk mobile themenya. Wis gak popo. Hahaha..

  5. saya juga udah lama pilih mythemeshop mas kalau buat wp, lupa udah berapa theme yang saya beli tapi kalau ga salah ada 5 kayanya kecuali yg ini, yang terakhir sy beli yg ecommerce lebih mantep kalau buat jualan dan untuk urusan seo si kayanya lebih oke dari versi sebelumnya

    kelebihan lain dari mythemeshop gampang diutak-atiknya :)
    Ngomong2 kalau daftar jadi member disana sering dapet promo mas, biasanya cuma ngasih harga $9 :)

    1. Iya, banyak yang jual themes gitu bisa langsung kasih promo dan diskon. Soalnya produknya digital, jadi gak masalah kali ya sering diskon, asal banyak yang beli. Hehe.

  6. Makin cerah mas tampilannya :) sy juga pake mythemeshop tapi beda themenya
    kalau untuk thumbnail bisa diatur dari function.php mas disesuaikan ukurannya tapi kalau udah sreg dan di related post ada yg ga muncul biasanya karena ga ada featured image sama harus di resize dulu pake plugin force regenerate thumbnail cukup sekali aja, nanti kalau udah sesuai bisa dinonaktifkan lagi pluginnya

    1. Wah, saya dapat tutorial gratis nih :D terima kasih mas :D iya, emang thumbnail kadang muncul kadang gak. Tapi berhubung blog pribadi, jadi biarkan saja deh. hehe,

  7. Ini Theme berbayar mas?? Pantes kerennn. Aku juga udah mulai resah, pengen mulai ngeblog lagi, tapi theme nya ngaak seger,, lagi nyari nyari theme gratis tapi lumayan enak,,hee. Btw, udah lama mas hanif mulai manfaatin blog buat cari dolar? atau baru mulai sekarang??

    1. Udah lama mas, dr tahun 2008an. Sudah bisa dari adsense kok. :) ya pengen bisnis online aja sih, lebih fresh daripada jadi ‘karyawannya’ google. hehe.

    1. Wah, malah yg berbayar bisa jadi studi case gitu? KEREN! dulu saya juga sempat mau begitu, beli bayar, dioprek buat belajar. Tapi hasilnya masih jauh dari harapan. Hehe.

  8. Aku malah bingung kalau menggunakan WP mas, ya walaupun fitur theme optionnya juga memudahkan apalagi kalau ada fitur drag n drop atau wysiwyg nya bagi sebagian besar orang sangat membantu.

    Aku kurang paham sama wp soalnya themingnya gunain php dan ane masih belum paham tuh gimana aturan penulisan php. Terus juga alasan lain udah sreg sama CMS yang ane pakek sekarang.

    Tapi kalau menurutku, lebih enakan custom sendiri secara manual, soalnya menggunakan otomatisasi itu terkadang kodenya jadi eror atau jadi kurang rapi, ya walaupun tergantung si pembuatnya juga sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *