Cerita Pendekku di Storial

Cerita Pendek di Storial

Lama tidak posting. Seperti biasa, saya disini cuma mau mengumumkan sesuatu. Nah. Jika kalian pernah membaca cerita fiksiku, dari kategori cermin (cerita mini), maka saya menemukan platform yang cukup bagus untuk menulis dan membaca cerita fiksi secara online. Storial.co. Ya, di storial saya sudah berbagi setidaknya tiga fiksi berupa cerita pendek. Sebenarnya storial mirip dengan Wattpad. Hanya saja Wattpad itu lebih global. Cukup kesulitan menemukan cerita fiksi dalam bahasa Indonesia disana. Lagipula cukup sulit juga disana menemukan cerita yang kategorinya original. Beberapa cerita yang diupload disana merupakan cerita dari buku yang sudah pernah terbit juga. Di Storial selain platformnya khusus berbahasa Indonesia, juga merupakan tempat ajang unjuk gigi dan belajar menulis. Tidak hanya fiksi sih, tapi yang paling populer fiksi.

Saya menulis cerita apa disana? Bisa dilihat di gambar yang saya sertakan di artikel ini. Tentang slice of life dan romance. Jadi menceritakan seorang laki-laki yang mencari cinta, merasakan cinta, dan berjuang demi cinta. Tokoh utama di sini seorang laki-laki. Berupa cerita pendek karena langkah awal saja belajar lebih serius tentang dunia fiksi. Nantinya tentu ada proyek yang berkaitan dengan fiksi. Bisa jadi kumpulan cerpen yang diterbitkan atau novel yang diterbitkan.

Di storial ternyata tanggapan admin dan beberapa penulis cerita lainnya cukup hangat. Beberapa karya cerita pendek saya langsung dikritisi. Selain itu di halaman depan storial juga menampilkan cerita yang populer melalui banyaknya yang membaca atau banyaknya yang merating karyanya. Ada satu karya yang saya sukai berjudul Potret yang belum habis saya baca. Tapi saya banyak belajar. Entah dari diksinya, dari alurnya, tokohnya, semua benar-benar menarik. Gratis itu yang perlu. Untuk bahan referensi menulis saya tidak harus membuang banyak uang untuk membeli novel. Tentu juga sebagai hiburan di akhir pekan, membaca cerita baru dan menarik dari layar laptop atau smartphone.

Link dari cerita pertama saya bisa di klik di >> STORIAL – Rusuk yang Hilang

Silahkan dibaca ya disana. Jangan lupa juga join, dan rating ceritaku. Hehe. Sekaligus kita sama-sama berbagi tulisan menarik seputar dunia fiksi.

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

10 Replies to “Cerita Pendekku di Storial

  1. Covernya bagus kang!

    Aku belum tertarik untuk nulis novel sih. Masih belum paham metodenya. Kalau ngawur ya bisa, tapi khan nanti meluber ke mana mana hahaa.

    Ntar deh kalau sudah lowong waktunya mau nulis novel.

    1. Makasih loh mas ndop… Itu juga ngambil dari wallpaper free di internet. Kalau buat sendiri, haduh, saya gak mahir.

      Ayo digarap mas novelnya, pengen tak baca juga. :D

  2. mas, kalau membuat cerita pendek ada tips2 nya gak, terkadang kalau saya nulis cerpen gak nyambung, kebanyakan lalu lalu dan lalu hehehe

    1. Hm… Coba buat maksimal 5 halaman aja dulu, saran sih, tiru aja cerpen yg favorit kamu baca apa. Benar-benar di tiru gaya nulisnya tapi pakai idemu. Kalau udah jadi, perbanyak aja baca cerpen yg ada, lalu buat lagi. Begitu terus sampai kamu merasa benar-benar sudah pas dengan kualitasnya, baru deh diterbitin atau di munculin di blog.

  3. Baru tau ada situs itu. Dulu waktu masih zaman SMA suka nulis cerpen. Tapi saya merasa gagal :’D jadi gak diterusin.

    Gak nyoba nulis cerita terus diupload di Google Play Book?

    1. Di Storial baru untuk belajar, soalnya banyak teman-teman penulis yg bisa kasih masukan disana. Jadi untuk pengembangan diri dan kualitas nantinya bisa baik. Saya belum coba upload di google play book, mungkin nanti. Terima kasih sarannya.

    2. hahaha sama mas, dulu sering saya nulis baca sendiri dan akhirnya kusut tak ada yang baca.. cerita pendek yang panjang isinya nih mas hanif :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *