Aku Rapopo Kok Mbok…

Oke, fenomena AkuRapopo ini cukup menghebohkan dunia maya. Sekali lagi ini seperti sindiran satir atau malah lebih guyonan bercandaan agar tidak terlalu satir. Lucu loh, apalagi gambar-gambar dari berbagai versi AkuRapopo banyak di internet. Salah satunya yang sudah teman-teman lihat di thumbnailnya.

Unik sebenarnya, banyak versi gambar AkuRapopo menjelaskan tentang ketidakberdayaan jomblo dimalam minggu. Saya temu di kaskus beberapa gambarnya. Lalu menyebar ke hal lain seperti gagal sesuatu langsung aja, “aku rapopo”. Lagi sedih langsung aja, “aku rapopo”. Haha. Bikin ngakak kadang-kadang.

Apa Sih Artinya?

Aku Rapopo adalah bahasa jawa. Berarti aku tidak apa-apa. Biasanya disebut satir atau sindiran yang berarti kita sedang dalam masalah hidup namun mencoba menjelaskan ke orang lain dengan berkata “aku rapopo”. Satir karena tidak menjelaskan yang sebenarnya. Orang lain ingin membantu, tapi kita berusaha menutupinya dengan rasa sabar dan keikhlasan. Atau orang lain ingin membantunya tapi kita ingin menerima bantuan itu tapi sangat sungkan.

Kemudian sindirian. Berarti kita sedang menyindir orang lain yang tidak peka terhadap apa yang sedang kita alami. Misalnya saat kita mengalami musibah, eh, tetangga atau teman dekat kok malah dapat kebahagiaan. Inginnya ikut disana, tapi dalam kondisi sedang mengalami kesedihan. Sehingga menyindir teman itu dengan berkata dalam obrolan, “aku rapopo”.

Lucu ya, sudah lama saya kenal tapi biasanya jarang digunakan. Soalnya kalau emang orang lain tahu masalah kita, ya tinggal bilang, “AKU PUNYA MASALAH INI LO…” kok jadi capslok? haha, ya, semoga satir dan sindiran ini menjadi cerminan diri.

Satu lagi, baik satir atau sindirian itu hanyalah persepsi saya saja. Pandangan dan pendapat. Serta lihat dari beberapa situs media online yang membahas itu. Kalau salah maknanya, mohon dimaklumi ya, bukan benar-benar orang jawa soalnya.

Bagi kalian apa nih? Apa sedang mengalami “aku rapopo”? Kalau saya sendiri iya, saat telp ke ibu bilang mau operasi gigi graham belakang yang tidak tumbuh, cuma bisa bilang ke ibu, “aku rapopo mak/mbok” padahal ingin sekali beliau ada disini menemaniku menjalaninya. Huhuhu. :)

15 Comments

  1. Yudi 27/02/2014
  2. Grosir Herbal Murah 27/02/2014
  3. Ongki 27/02/2014
    • Hanif Mahaldi 01/03/2014
  4. kang haris 27/02/2014
    • Hanif Mahaldi 01/03/2014
  5. Zizy Damanik 28/02/2014
    • Hanif Mahaldi 01/03/2014
  6. Zippy 28/02/2014
    • Hanif Mahaldi 01/03/2014
  7. ibnu ch 01/03/2014
    • Hanif Mahaldi 01/03/2014
  8. ndop 01/03/2014
    • Hanif Mahaldi 08/03/2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge