Akismet Memang Ampuh Bro!

Dari hasil jejak pendapat (ceileh…) yang sempat saya lakukan di artikel saya sebelumnya, bahwa blog ini sering sekali terserang SPAM. Padahal settingnya juga no-follow, pagerank juga gak ada, eh, kena serangan juga. Akhirnya diputuskanlah akismet sebagai plugin anti-spam selanjutnya.

Lalu bagaimana efeknya? Ibaratnya keran air, plugin sebelumnya itu seperti keran air yang baru dibuka sedikit. Airnya kecil tapi lancar mengalir. Komentar SPAM sedikit, tapi sering masuknya. Bingung dan pusing dibuatnya. Sedangkan menggunakan akismet, seperti keran air tadi terbuka lebar. Makin lancar komentar SPAM masuk. Tapi langsung masuk folder SPAM. Walau kadang ada satu dua komentar yang lolos muncul di kotak komentar, tapi bisa diatasi.

Plugin anti-spam terbaik
Sumber gambar: http://oik-plugins.eu/woocommerce-a2z/oik-plugins/akismet-comment-spam-prevention/

Lebih mengejutkannya lagi, belum ada seminggu folder SPAM saya terisi 841 komentar SPAM. Ampun dah… kenapa ya? Apa karena saya pernah pakai jasa backlink? Tapi sepertinya tidak pernah kok. Atau hal lain yang tidak saya ketahui? Hm… Orang-orang programmer semakin pintar saja menciptakan software untuk memblast komentar SPAM. Sampai gak kira-kira kalau mau SPAMing. Kasihan kan seperti saya, blog pribadi, bukan blog company yang diserang. Bisa-bisa bandwith bulanan abis karena serangan SPAM. Bahkan space hosting bisa habis juga kalau gak sering-sering dihapus di folder SPAM itu.

Ya, kendalanya begini nih. Tapi tidak masalah ya, selama tidak muncul di kotak komentar dan mengotori blog. Kasihan juga teman-teman blogger yang baca. Apalagi kalau isi komentarnya tentang SPAM judi, porno dan hal ilegal lainnya.

Bisa juga sih pakai OpenID atau kotak komentar social media seperti facebook comment atau twitter comment. Tapi sayang load di blog bisa terlalu berat. Jadi pas buka artikel malah kelamaan. Kasihan juga yang pengen baca tapi kuota internetnya terbatas.

Hehe, terima kasih pada teman-teman yang mayoritas pakai Akismet telah menyarankan pakai plugin itu. Walau harus buat lagi akun wordpress.comnya, tapi sepadanlah dengan hasilnya. Bagi rekan-rekan lain yang baru belajar wordpress self-hosting, bisa juga pakai aksimet untuk anti-spamnya. (ini bukan promosi kok). haha.

Hanif Mahaldi

Seorang laki-laki, usia antara 25 tahun sampai nanti, kriting dan berkacamata, kulit sawo gelap, baru saja lulus tahun 2013 dari dunia perkuliahan. Seorang blogger, buzzer, dan penulis.

22 Replies to “Akismet Memang Ampuh Bro!

  1. Gak papa kok promosi Akismet. Pahala hahaha..

    Aku baru sadar kalau dirimu barutau akismet. Padahal ini plugin sudha ngetren sejak zaman purbakala haha

    1. saya sih juga tidak berharap pada askimet mas, soalnya kadang komen bukan spam masuk juga tapi gak terdetect dan ngeceknya bersama ratusan komen spam lainnya itu melelahkan. hehe.

  2. saya sudah dari dulu pakai akismet. membabibuta komentar yang gak jelas. tapi gimana yah kalo kita pake fitur captcha di komentar ? apakah ada pluginnya ?? hehe

    1. gak kok mas adi. :) tenang, saya pakai juga comment approved, kalau sudah pernah masuk atau sudah pernah saya approve walau 1 saja, pasti langsung masuk lagi. :)

  3. Dulu juga pake plugin akismet waktu awal-awal ngeblog. tapi ada satu yang lebih ampuh aman dari spam, gak usah dikasih form komentar aja blog nya kaya saya. dijamin gak ada spam. heheh

    1. Kalau blognya untuk monetize itu manjur mas wahyu, ini blog pribadi, dan saya semakin bulat kalau blog ini khusus untuk pribadi saja, monetize ada sendiri. hehe.

  4. kebetulan ane juga pasang plugin akismet bro, emang keren plugin ini mantep buat ngusir spammer. Tapi sekarang ane pakai facebook comment, biar kelihatan keren bro haha :D

    1. load facebook comment berat loh mas taqorrub. Iya kalau bandwithnya besar, kalau tidak, haduh ampun2an updgrade hosting terus. jebol di dompet. hehe.

  5. kalau di wp sekarang sy lebih suka pakai jetpack mas karena buat komen orang bisa pakai akun g+, fb, twitter & akun wp selain itu spammer juga berkurang drastis

  6. kok aksimet ane gak pernah sekalipun nangkap komeng spam ya???
    apa jangan2 krna saking jarang nya orang yang komeng blog ane hahaha

    1. Ya bisa jadi, komen spam biasanya dari luar negeri. Blog ini gak pernah sekalipun di optimasi menggunakan backlink, paling cuma coment backlink, nah, anehnya, komennya kan di blog indo, tapi kenapa spamnya datang dari blog inggris. Hehe, tetep dipasang aja, jaga2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *